logo



 

Tema Online Photo Competition kali ini sangat menarik dan menantang, memotret pet atau hewan peliharaan bagi saya sendiri sama dengan melatih kesabaran.

 

Sebatas pengetahuan saya tentang hewan peliharaan, bisa digolongkan menjadi dua, yang pertama adalah hewan peliharaan yang biasa kita temui dan banyak dipelihara seperti kucing dan anjing serta beberapa jenis burung, dan yang kedua adalah hewan peliharaan yang eksotik misalnya seperti jenis reptil, jenis katak dan lainnya.

http://www.pcy0515.com/doctoral-thesis-in-educational-management/|doctoral thesis in educational management  

Memotret hewan peliharaan antara yang satu dengan yang lain tentu mempunyai pendekatan yang berbeda, seperti memotret anjing dengan memotret ular.  Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips memotret  beberapa hewan peliharaan dengan cara yang berbeda.

 

http://www.pcy0515.com/entrance-statement/|entrance statement MEMOTRET ANJING ATAU KUCING

Dari pengalaman saya memotret anjing, yang paling menantang adalah mengatur pose dan ekspresi hewan ini sesuai keinginan kita. Anak anjing atau kucing sangat menarik dan lucu bila kita foto, tapi yang harus dilatih adalah kesabaran kita dalam menangani anak hewan ini.

Cara lain bisa dengan memberikan aktivitas pada hewan seperti berlari, loncat dan sebagainya, kita tinggal menanti moment yang menarik dan tepat untuk memotretnya.

Pilih lokasi yang cocok dan menarik, lensa tele bisa menjadi pilihan untuk mengisolasi dan menonjolkan hewan peliharaan kita. Usahakan memotret di pagi atau sore hari untuk mendapatkan cahaya matahari yang bisa membantu foto kita tampil lebih baik, bila perlu siapkan speedlight untuk memberikan fill in light bila dibutuhkan.

Memotret anjing dengan usia yang sudah tua beda lagi, seperti contoh foto anjing yang saya lampirkan,  Umurnya hampir 15 tahun, dan pose yang saya dapatkan paling banyak adalah pose tiduran. Lensa yang saya gunakan lensa tele 80-200mm F2,8 dengan diagframa F2,8 untuk membuat latar belakang blur. Ada tambahan 1 unit  speedliight SB-900 di samping belakang untuk memberikan sedikit rim light agar foto lebih berdimensi karena pada saat ini cuaca mendung sehingga cahaya cenderung flat.

 

http://www.pcy0515.com/how-much-does-it-cost-to-get-a-business-plan-written/|how much does it cost to get a business plan written MEMOTRET IKAN DI AKUARIUM

Ada 2 cara memotret ikan di aquarium, yang pertama memakai flash, yang kedua memakai available light berupa lampu aquarium.

Posisi keduanya harus dari atas aquarium untuk menghindari pantulan kaca. Jangan meletakan flash di depan aquarium karena cahaya flash akan memantul dan mengganggu.

Usahakan latar belakang warna gelap dan netral atau hitam agar warna ikan menjadi menonjol.

Bila kita memakai flash sebagai cahaya utama dengan posisi flash diatas aquarium, foto akan lebih tajam hasilnya dibanding dengan menggunakan lampu aquarium, sebaliknya bila kita menggunakan lampu aquarium sebagai main light maka pilih lampu yang berwarna netral atau putih.

Gunakan tripod untuk menghindari goyang atau blur.

Untuk foto ikan mas yang berwarna kuning, saya menggunakan cahaya lampu aquarium LED,  dengan data exif 1/160 :  F4,5 :  ISO 1600 dengan lensa 24-70mm F2,8 di posisi FL 70mm.  

Untuk foto ikan mas yang berwarna merah dan putih saya menggunakan SB900 1 unit dan meletakan 3 kertas hvs di atas aquarium agar cahaya lebih lembut dan lebih merata (aquarium ukuran kecil), dengan exif 1/200 : F/10 : ISO 250  dengan lensa 80-200mm f2,8 di posisi FL 200mm.

http://www.pcy0515.com/entrance-statement/|entrance statement

Memotret ikan di aquarium secara teknis cukup sederhana, yang saya butuhkan adalah kesabaran untuk menunggu moment yang tepat di saat ikan ikan emas ini tampak meliuk-liukan ekornya sehingga menjadi sangat menarik untuk difoto.

 

http://www.pcy0515.com/college-student-papers-for-sale/|college student papers for sale Yang terakhir adalah MEMOTRET HEWAN EKSOTIK

Tidak seperti anjing dan ikan yang memang peliharaan saya sendiri, kali ini saya meminjam hewan milik teman yaitu Gecko.

Saya coba memotret Gecko pinjaman ini diatas table top, memakai 3 speedlight SB900, dengan posisi cahaya utama di samping belakang, posisi cahaya pengisi di depan atas dengan menggunakan payung rekfleksi, dan satu lagi dibelakang background.

Berikutnya saya letakan sebongkah kayu untuk menjadi properti dan membayangkan pose2 gecko ini diatas kayu tersebut.

 

Setelah semua siap, Gecko dipindah dari kandangnya dan diletakan di atas kayu, yang terjadi adalah ternyata Gecko ini tidak bisa diam alias hyperactive.

Sekali lagi ternyata memotret hewan juga menguji kesabaran kita, setelah menunggu cukup lama akhirnya si Gecko mulai sedikit diam mungkin karena mulai lelah. Maka mulailah saya memotret Gecko dengan beberapa konsep dan pose.

Data exif  1/200  : F7,1  : iso 800  dengan lensa 24-70mm F2,8

Websites Paid To Do School Work

Masih banyak hewan peliharaan yang menarik dan menantang untuk kita foto, dengan berbagai macam perilaku dan sifat hewan yang pasti berbeda-beda membutuhkan pendekatan yang berbeda-beda juga.

http://www.designingdivas.com.au/master-thesis-in-computer-science/  

http://www.pcy0515.com/master-thesis-data-mining/|master thesis data mining Sebagai catatan,  usahakan tidak menyakiti hewan yang kita foto dengan cara apapun untuk mempermudah mengatur pose hewan agar menarik untuk difoto!



gondo siswanto

http://www.mainframechina.com/paper-writing-company/

  • Professional Photographer Since 1998
  • Home Base in Surabaya
  • Head Photographer of Perak Mas Exclusive Wedding's Portfolio, Twinkle and Heritage
  • Contributor for Several Magazine
  • Photography Lecture from 2007





2 comments

Leave a comment

Buy Infinite Skills - Learning Autodesk AutoCAD 2014 MAC Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.



view Maaf. Anda harus sign in terlebih dahulu untuk memberi komentar.



Featured Photo